-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Pasang Iklan Anda di Sini

Gempabumi M3,6 Pandeglang Banten, Guncangan Kuat Terasa Hingga Cibaliung

Senin, 09 Januari 2023 | Januari 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-09T15:56:44Z
Gempabumi M3,6 Pandeglang Banten 


BANTEN| sekitarkita.NET,-

Hari Senin, 9 Januari 2023 pukul 16:46:40 WIB, wilayah Pandeglang, Banten, diguncang gempabumi tektonik.


Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M3,6.


"Episenter terletak pada koordinat 6.93 LS dan 105.26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 46 km BaratDaya Sumur Banten pada kedalaman 18 km," katanya dalam keterangan tertulis dilihat Triberita.com.


Ia menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.


"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Cibaliung, Pandeglang," sebutnya.


"Dalam Skala Intensitas II - III MMI dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah, dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," terangnya.


Dikatakan Daryono kembali, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.


"Hingga pukul 17.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," tandasnya.



Sumber: BMKG 

Penulis: Abdul Kholilulloh