-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Pasang Iklan Anda di Sini

Sasar Pelajar, PWI Bandung Barat sukses Gelar Pesantren Jurnalistik

Jumat, 07 April 2023 | April 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-07T15:00:10Z

 

PWI KBB melakukan pelatihan Pesantren Jurnalistik di Madrasah Aliyah Cikande


BANDUNG BARAT | SekitarKita.NET,- Di era yang semakin maju di tengah gempuran media sosial (medsos) penyebaran informasi berkembang pesat. 


Banyak informasi yang dapat diakses setiap harinya. Informasi yang didapat oleh masyarakat tersebut sangat beragam jenisnya.


Sebelum masyarakat dapat menikmati berita, ada keringat dan jerih payah wartawan sebagai peliput yang mencari data sebagai sumber dalam menulis berita. 


Berita yang sudah diliput dan diolah pun masih harus dipilah oleh pihak redaksional untuk meminimalisir kesalahan. 


Jika menurut pihak redaksi berita tersebut sudah memenuhi syarat, maka berita tersebut bisa disebar luaskan dan dapat dinikmati oleh masyarakat. 


Sedikit penjelasan dan juga bayangan mengenai proses jurnalisme yang dilakukan oleh media saat ini. 


Dengan itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) tengah gencar-gencarnya melakukan pembinaan jurnalistik sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di sekolah.


Program Pesantren Jurnalistik yang di gaungkan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan 2023 ini, akhirnya sukses digelar tentu hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat dan PWI Bandung Barat.


Terbukti, ratusan siswa Madrasah Aliyah (MA) Cikande, di Desa Cikande, Kecamatan Saguling KBB, antusias mengikuti kegiatan "Pesantren Jurnalistik", pada Kamis (6/4/2023).


Kegiatan pesantren jurnalistik" yang dilaksanakan oleh PWI KBB tersebut merupakan rangkaian program di bulan ramadhan 1444 Hijriyah.


Kabid  Pendidikan PWI KBB, Hendra Hidayat menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang dilaksanakan di bulan ramadhan 1444 Hijriyah oleh PWI KBB.


"Alhamdulillah kegiatan perdana Pesantren Jurnalistik ini mendapatkan animo yang luar biasa sejak program ini digaungkan beberapa waktu lalu," katanya, Kamis (6/4/2023).


Ia menambahkan, sejauh ini antusiasme sekolah di Kabupaten Bandung Barat cukup tinggi dalam menyambut program yang digulirkan di bulan ramadhan tersebut.


"Antusiasme cukup tinggi Alhamdulillah, sampai harus waiting list sekolah yang akan kami datangi," katanya.


Sementara itu, Ketua PWI KBB, Agus Sudrajat mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan atau mengedukasi pelajar terkait berita di eta digital.


"Ini juga memberikan edukasi dalam menangkal berita hoaks dan para siswa juga dapat memahami cara membuat berita yang benar," katanya.


Ia menyebut, dengan materi yang diberikan oleh para narasumber yang notabene merupakan anggota PWI KBB tersebut dapat mentransformasi ilmu kepada para pelajar.


"Mudah-mudahan Pesantren Jurnalistik ini dapat memberikan manfaat kepada para pelajar dan dengan meningkatnya kemampuan menulis dapat meningkatkan literasi di sekolah," katanya.


Ditemui di tempat yang sama, Kepala Madrasah Aliyah Cikande, Rachmat Syaefuddin mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh PWI KBB tersebut.


"Tentu kami bersyukur menjadi salah satu sekolah yang terpilih dalam realisasi program Pesantren Jurnalistik ini yang dilaksanakan oleh PWI KBB," katanya.


Ia menegaskan, isi materi yang disuguhkan dalam kegiatan tersebut sangat relevan dengan kondisi saat ini dan diperlukan oleh para siswa.


"Apalagi terkait menangkal berita hoax sangat penting sekali dan mudah-mudahan kegiatan seperti dilaksanakan secara berkelanjutan," tandasnya. (*)


Penulis: Abdul Kholilulloh