-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Pasang Iklan Anda di Sini

23 Provinsi Sukseskan Jambore Nasional, Ketum DPP Bapera Fahd El Fouz pesan Begini

Kamis, 18 Mei 2023 | Mei 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-18T15:42:20Z


pelaksanaan kegiatan bela Negara dalam rangka Jambore Nasional Barisan Pemuda Nusantara tahun 2023. 



CIBUBUR | SekitarKita.NET,- Ketua Umum DPP Bapera, Fahd El Fouz A Rafiq secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan bela Negara dalam rangka Jambore Nasional Barisan Pemuda Nusantara tahun 2023. 


Pembukaan dilaksanakan pada hari ini, Kamis 17 Mei 2023 pukul 10.00 WIB di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. 


"Dengan ini saya memohon kepada rahmat Tuhan yang Maha Esa pelatihan bela Negara dalam rangka Jambore Nasional Barisan Pemuda Nusantara tahun 2023 resmi saya nyatakan dibuka," ucap Fahd El Fouz A Rafiq di sela-sela pidatonya.


Pembukaan kegiatan jambore nasional tahun 2023 ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Mustafa M Radja, Ketua DPP Pertiwi Ranny Fahd A Rafiq dan seluruh ketua DPD Bapera dari Prov, Kab/Kota seluruh Indonesia. 

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd El Fouz A Rafiq Saat membuka Jambore Nasional 2023


Fahd A Rafiq berharap seluruh peserta jambore bela Negara dapat mengikuti pelaksanaan dari awal hingga akhir dengan tertib. Pembukaan jambore nasional ini juga dihiasi dengan hal-hal yang menarik seperti pertunjukan marchine band.




Rangkaian kegiatan Jambore Nasional Bela Negara yang dilaksankan di Buperta Cibubur, diikuti oleh 23 Provinsi dengan diikuti 2000 Anggota BAPERA se Indonesia selama 4 hari terhitung tanggal 17-20 Mei 2023. Sementara itu dalam kegiatan apel akbar Jambore Nasional Bela Negara bersama mengucapkan Ikrar Bapera.


Jambore Nasional Bapera tahun 2023 ini dilatih langsung oleh Danlat Brimob, artinya kegiatan ini sangat serius dalam menyuntikkan Nasionalisme dan Patriotisme di era Revolusi Industri 5.0. 


Di tahun politik ini, dukungan BAPERA ke pemerintah dalam mewujudkan pesta demokrasi pada Pemilu 2024 mendatang berjalan aman, damai dan sukses. Salah persiapannya, dengan menggelar Jambore Nasional ke-2 dalam rangka pelatihan bela negara.


“Untuk pemilu, Bapera siap membantu mensukseskan pemilu, menjaga serta membantu pemerintah mulai keamanan ketertiban,“ kata Fahd.


Fahd menjelaskan, agenda Jambore Nasional Bapera diadakan rutin setiap tahun. Kegiatan rutin ini diikuti ribuan anggota dari seluruh wilayah di Indonesia.


“Pada tahun ini jumlah peserta mencapai 3.150 peserta dari total yang mendaftar sekitar 4.000 peserta,” jelas Fahd.


Berbeda dengan tahun lalu, lanjut dia, tahun ini peserta bertambah dua kali lipat dari tahun lalu. Agendanya adalah melatih disiplin bela negara demi merah putih.


“Materi diisi oleh instruktur dari Brimob Polri serta TNI dan tidak ada tokoh politik dalam kegiatan itu,” jelas dia.


Sementara itu, ketua DPD Bapera Kabupaten Bandung Barat, Bobby Irwanto mengatakan, Dalam perhelatan jambore Nasional 2023 ini memberangkatkan ratusan putra putri terbaik diwilayahnya.

ketua DPD Bapera Kabupaten Bandung Barat, Bobby Irwanto


"Kami memberangkatkan putra putri terbaik Bandung Barat sebanyak 100 anggota terdiri dari 80 orang dan 20 orang pertiwi 20, mereka mengikuti bela negara," kata Bobby saat dihubungi.


Saat disinggung terkait kehadiran Bapera di Bandung Barat, pria berkacamata itu menyebut, antusias notabene pemuda pemudi ini sangat tinggi untuk bergabung menjadi anggota dan disambut positif oleh masyarakat, 


Pasalnya organisasi dibawah naungan Fahd El Fouz A Rafiq ini, kata Bobby kerap melakukan bakti sosial di setiap pelosok di Bandung Barat.


"Di Bandung Barat sangat antusias para remajanya untuk bergabung di Bapera, meskipun terbilang organisasi baru seumur jagung, kami sering melakukan bakti sosial ke setiap kecamatan dan desa di Bandung Barat," ujarnya.


Kendati itu, kehadiran Bapera di Bandung Barat belum sama sekali tersentuh oleh pemerintah daerah (Pemda), Bobby mengutarakan, mirisnya setiap pembinaan di wilayahnya belum mendapatkan anggaran dari Pemda meskipun sudah terdaftar resmi di Kesbangpol Bandung Barat.


"Kami belum di lirik Pemda Bandung Barat, artinya kontribusi pemerintah belum ada padahal kita sudah sering melakukan aksi sosial untuk warga Bandung Barat yang kesulitan ekonomi semua kegiatan kami dana pribadi, meskipun Bapera sudah terdaftar di Kesbangpol KBB," jelasnya.


"Meskipun begitu, kami akan terus melakukan kegiatan yang positif untuk masyarakat, kita tidak mengandalkan anggaran dari pemerintah, sejauh ini kami melakukan sosial secara mandiri," ujarnya.


"Di tahun politik, seperti sekarang ini kami akan mendukung pemerintah daerah dalam mensukseskan Pilkada seperti arahan pimpinan pusat," tandasnya.