-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Pasang Iklan Anda di Sini

Kendala Cuaca, Kapolda Jambi: Evakuasi Korban Menggunakan 7 Helikopter Melalui Jalur Udara

Selasa, 21 Februari 2023 | Februari 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-20T22:52:28Z
Sebanyak tujuh helikopter akan dikerahkan untuk mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta rombongan, Selasa (21/2/2023) besok.


JAMBI | sekitarkitaNET,- Sebanyak tujuh helikopter akan dikerahkan untuk mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta rombongan, Selasa (21/2/2023) besok. Proses penyelamatan pada hari kedua, belum dapat dilakukan karena terkendala cuaca.


Tim evakuasi sedang melakukan evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan melalui jalur udara setelah helikopter yang mereka tumpangi jatuh di perbukitan Temiai, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, pada Minggu (19/2/2023).


Padahal sudah menggunakan 7 helikopter untuk mengevakuasi melalui jalur udara, namun akhirnya proses evakuasi jalur udara terhadap 8 korban helikopter yang mendarat darurat dihentikan sementara, dan akan dilanjutkan esok hari.


Saat ini tim penyelamat bermalam bersama para korban di hutan belantara kawasan Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi. Selain itu di lokasi juga telah didirikan tenda darurat.


“Evakuasi akan dilanjutkan besok pagi dengan menggunakan 7 helikopter. Di antaranya milik Basarnas, TNI AU, Baharkam Polri, Polda Sumsel dan Sinar Mas. Semoga cuaca besok pagi di sekitar lokasi cerah dan seluruh korban dapat segera dievakuasi,” ujar Kepala Kantor Basarnas Jambi Kornelis, Senin (20/2/2023).


Pada hari kedua penyelamatan ini, dikerahkan dua helikoter milik Basarnas dan Puma TNI AU. Kini keduanya sudah kembali ke Bandara Sultan Thaha, Jambi karena cuaca berkabut.


Sebelumnya, tim evakuasi jalur udara membawa 17 personel tim SAR gabungan telah sampai di lokasi rombongan Kapolda Jambi. Tim membawa kebutuhan logistik seperti makanan, minuman, power bank beserta tenda dan obat-obatan.


Sementara di lokasi Posko Crisis Center Polda Jambi yang berada di kawasan Bandara Sultan Thaha Jambi, tampak kedatangan anak Kapolda. Selain itu juga ada istri Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Pol Michel Mumbunan yang didampingi sejumlah kerabat.


Setelah mendatangi Posko Crisis Center, anak Kapolda dan isteri pejabat Polda Jambi meninggalkan lokasi dengan didampingi tim psikolog.


Diketahui, proses evakuasi ini akan menggunakan jalur udara. Sebab kondisi jalur darat terjal tidak bisa dilakukan evakuasi para korban helikopter mendarat darurat di hutan Kerinci tersebut.


Beberapa sumber.

Penulis : Daeng Yusvin