-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Pasang Iklan Anda di Sini

Buntut Kenaikan Harga, Ratusan Pedagang Ayam di Pasar Baru Cikarang Mogok Massal

Senin, 26 Juni 2023 | Juni 26, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-28T02:28:03Z
Pedagang ayam potong di Pasar Baru Cikarang (foto: Abdul Kholilulloh).

KABUPATEN BEKASI| SekitarKita.NET,-

Meroketnya harga ayam potong berimbas pada pelaku usaha. Beberapa pedagang di Jawa Barat sampai mogok gegara kenaikan harga ayam, Senin 26 Juni 2023.


Di pasar Baru Cikarang, Kabupaten Bekasi para pedagang mogok berjualan. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas tingginya harga daging ayam. Kondisi kenaikan ini terjadi sejak dua bulan terakhir.


Dalam melakukan aksinya, mereka berkumpul di kawasan SGC Cikarang, dengan membawa kendaraan yang biasa digunakan untuk mengangkut ayam mengarah ke Gedung DPR RI Jakarta 


Renata (43) pedagang ayam mengatakan, mulai hari ini Senin 26 sampai dengan Selasa 27 Juni 2023, seluruh pedagang ayam yang ada di pasar baru Cikarang melakukan aksi mogok massal.


"Yang menjadi alasan pedagang ayam demo karena harga ayam mahal sejak lebaran Idul Fitri kemarin hingga saat ini menjelang Idul Adha 2023, harganya kebangetan tinggi," kata Renata saat ditemui Senin siang.


Ia menjelaskan, untuk tahun ini harga ayam melonjak tinggi, pihaknya menyebut, di bulan Ramadhan kemarin harga kisaran Rp27.000.00 per kilogram.


"Kemarin puasa masih Rp27 ribu sekarang sampai Rp45 ribu perkilogram, itu yang membuat pedagang kesal pembeli berkurang," jelasnya.


Jelang hari raya Idul Adha, kata dia, pihaknya sangat menyayangkan dengan melonjaknya harga ayam. Ia menduga ada permainan harga di tingkat pejabat petinggi.


"Bentar lagi kan Idul Adha, harusnya yang naik daging sapi atau kambing, kenapa ini kok ayam malah naik," keluhnya.


"Semoga harga daging ayam bisa stabil lagi," sambungnya.


Sementara itu, hal ini dikeluhkan seorang pembeli, Heni warga Pilar Cikarang, ia mengatakan saat ini kesulitan mencari daging ayam potong, pasalnya hampir seluruh pedagang melakukan mogok masal.


"Sulit nyari daging ayam, biasanya didepan pada jualan ternyata tadi dapet kabar pada demo ke Jakarta," jelasnya.


Ia menyebut, bukan hanya harga daging ayam potong saja yang mulai melonjak, hampir seluruh bahan pokok, seperti minyak, sayuran, cabai, bawang dan lainnya mengalami kenaikan harga.


"Hampir semua naik, cabe dan sayuran juga naik menjelang lebaran Idul Adha tahun ini," ujarnya.


"Ya saya berharap ada penurunan harga, supaya stabil bagi kita warga kecil sangat keberatan dan kesulitan, semoga pejabat disana pada denger keluhan para pedagang," tandasnya.