-->

Notification

×

Iklan atas tengah

Iklan

Pasang Iklan Anda di Sini

Awal Tahun 2023, Wisata Situ Ciburuy Bandung Barat Dibanjiri Pengunjung

Minggu, 01 Januari 2023 | Januari 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-01T10:33:58Z
Obyek wisata Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 01 Januari 2023 (foto: Abdul Kholilulloh)


BANDUNG BARAT| SekitarKita.net

Menginjak awal tahun baru 2023 kawasan wisata Situ Ciburuy yang berada di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ramai dikunjungi wisatawan, Minggu (01/01/2022).


Tampil dengan wajah baru pasca revitalisasi Situ Ciburuy yang diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beberapa bulan lalu ternyata membuat sebagian banyak dari pengunjung semakin penasaran.


Dari mereka para pengunjung biasanya menghabiskan momen libur tahun baru ini hanya ingin melihat secara langsung suasana indah nan asri di kawasan Situ Ciburuy. 


Salah seorang pengunjung asal Ciparay, Kota Bandung, Dewi mengatakan, ia sengaja ingin melihat situasi Situ Ciburuy bersama sang adik lantaran penasaran di sosial media ramai diperbincangkan.

Suasana Situ Ciburuy Padalarang pasca revitalisasi. (foto: Hen-hen).


Tak hanya itu, selain ingin menikmati suasana sore, ia juga menyebut, wisata Situ Ciburuy ini sudah menjadi atensi baginya untuk mengisi libur panjang tahun baru bersama saudaranya.


"Sudah sering ke sini dulu sebelum direnovasi, apalagi tempatnya itu asik bisa buat jalan-jalan sore udaranya enak banget, sering liat dipostingan dimedsos jadi makin penasaran," kata Dewi saat ditemui dilokasi Minggu (01/01/2023).


Selain murah meriah, lanjut Dewi, wisata ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung dengan legenda situ Ciburuy 'laukna hese dipancing' yang sempat viral dengan lagunya, kebanyakan juga dari wisatawan ini menjadi pilihan mengisi waktu libur akhir pekan.

Dewi pengunjung asal Kota Bandung.


"Legenda viral Situ Ciburuy laukna hese dipancing' (ikannya susah dipancing) menjadi pengunjung makin penasaran, Selain itu lokasinya juga strategis kang, berada di akses jalan provinsi yang terhubung dengan wilayah Cianjur dan Kota Bandung," jelasnya.


"Kawasan wisata Situ Ciburuy mudah untuk dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi dan murah meriah pastinya," sambungnya.


Ia berharap, dengan perubahan yang begitu signifikan, katanya, Situ Ciburuy sangat nyaman dikunjungi terlebih banyak pilihan kuliner dan fasilitas berwisata lainnya.


"Banyak wahana disini selain perahu untuk berkeliling ke situ juga terdapat mobil odong-odong yang dihiasi pernak pernik, dan perahu bebek, bagi anak-anak juga ada yang menyediakan wahana lukis," terangnya.


"Untuk kuliner khas Padalarang juga ada cuman kurang komplit menu pilihannya, mudah-mudahan kedepannya ada pilihan kuliner khas Sunda yang sudah sulit ditemui saat ini," ujarnya.


Senada dikatakan Fitri sang adik, ia lebih memilih situ Ciburuy untuk berwisata selain dekat dengan rumah saudara juga sangat terjangkau.


"Di Padalarang juga ada saudara jadi sekalian mampir kesini, enak suasananya sejuk dan asri indah pedesaan," kata Fitri.

Fitri/ pengunjung.


Ia tak memungkiri, wisata ini memang menjadi primadona bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bandung Barat, sangat amat disayangkan jika tidak diisi acara hiburan tradisional untuk lebih menarik pengunjung.


"Kalau kami dari Kota Bandung sudah sering berwisata ke alun-alun dan Braga, di Bandung Barat sendiri selain Lembang, Padalarang pusat utama kami berkunjung yaitu situ Ciburuy, mungkin kalau di adakan musik hiburan tradisional yang melibatkan seniman lokal setiap minggunya akan lebih ramai," ujarnya.


Disisi lain, salah seorang penyedia jasa perahu wisata, Aban Ramdani, mengatakan, semenjak direnovasi pengunjung mulai banyak yang berdatangan.


"Semenjak di renovasi Alhamdulillah banyak yang dateng, tujuan kesini kebanyakan pengunjung ingin naik perahu, ada juga yang tau Situ Ciburuy dari medsos," kata Aban.



Ia menyebut, para wisatawan dapat menikmati pemandangan Situ Ciburuy yang dibalut bangunan megah dengan bisa berkeliling menggunakan perahu wisata.


"Wisatawan diajak berkeliling Situ Ciburuy liat bangunan desain yang unik, dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 kilometer, cukup dengan membayar Rp 25.000 wisatawan bisa lihat-lihat pemandangan sekitar," sebutnya.

penyedia jasa perahu wisata, Aban Ramdani


Dijelaskan Aban, pengunjung didominasi warga Bandung Barat dan juga luar daerah, kebanyakan dari mereka berwisata bersama berkeluarga dan kerabat.


"Banyaknya wisatawan itu keluarga dari wilayah Cianjur, bahkan Bogor juga ada bukan hanya Padalarang saja, ya mudahan di libur Tahun Baru ini wisatawan semakin meningkat dan pendapatan bertambah, harapan kami kang," tandasnya.